Jumat

Pasar Sistem Operasi Android Salip iOS

Dari temuan Gartner terbaru, ponsel yang terjual telah mencapai 325,6 juta di dunia per semester I-2010. Nokia, Samsung, dan LG berturut-turut berada di posisi teratas dengan pangsa pasar masing-masing 34 persen, 20 persen, dan sembilan persen.
Sementara itu, di ranah sistem operasi, khususnya smartphone, Google Android menunjukkan pertumbuhan terpesat hingga semester I-2010. Untuk pertama kalinya, Android berhasil menyalip iOS, sistem operasi perangkat Apple iPhone, iPod Touch, dan iPad.

“Strategi non eksklusif yang menghasilkan banyak produk dari sejumlah CSP (communication service provider). Dukungan dari para produsen pun cukup banyak, sehingga menciptakan jajaran perangkat menarik dengan range harga yang berbeda-beda,” kata Carolina Milanesi, research vice president at Gartner dari situs resminya, Kamis 19 Agustus 2010. “Ini menjadi salah satu faktor utama yang merangsang pertumbuhan Android.”
Tak hanya Android, BlackBerry OS kali ini juga menyita perhatian. Sama-sama mencatat pertumbuhan pesat, namun sistem operasi besutan Research In Motion (RIM) ini mampu menjadi sistem operasi terpopuler nomor satu di pasar AS dan Kanada.
Dalam laporan tersebut, per Juli 2010, penjualan perangkat smartphone mencapai 61,6 juta unit, melonjak 50,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, empat sistem operasi terbesar masih menguasai sekitar 91 persen pasar OS smartphone secara global, yaitu Symbian, BlackBerry, Android, dan iOS.

0 komentar:

Posting Komentar

mohon bimbingan

Diberdayakan oleh Blogger.